Rabu, 11 April 2018

Perspektif Pengalaman Lintas Budaya dalam Kebangkitan Spiritual


 

Rekomendasikan Artikel Artikel Komentar Cetak Artikel Bagikan artikel ini di Facebook 1Bagikan artikel ini di Twitter Bagikan artikel ini di Google+ Bagikan artikel ini di Linkedin Bagikan artikel ini di StumbleUpon Bagikan artikel ini di Delicious Bagikan artikel ini di Digg Bagikan artikel ini ke Reddit Bagikan artikel ini ke Pinterest
Tiga puluh dua tahun yang lalu saya memulai perjalanan saya, sebuah perjalanan batin dan luar yang dramatis dan memesona ke dalam pengalaman kebangkitan kundalini dan proses yang terbentang setelah energi spiritual batin yang kuat itu dinyalakan. Adalah keberuntungan saya yang besar untuk menerima inisiasi shaktipat (kebangkitan kundalini) dari Swami Muktananda yang merupakan guru Master Siddha Yoga pada saat itu. Saya mengatakan itu adalah keberuntungan besar saya karena, dalam tradisi ini, tidak hanya inisiasi yang diberikan, tetapi ajaran-ajaran yang diperlukan untuk memahami kebangkitan dan pengalaman dan proses spiritual yang terungkap sebagai akibat dari itu secara terbuka dan bebas diberikan. Saya segera menyadari, melalui pengalaman batin saya sendiri dan pengalaman orang lain di sekitar saya yang telah menerima shaktipat, bahwa energi batin ilahi ini tidak hanya memiliki kekuatan untuk memberikan satu pengalaman mistik yang tertinggi, tetapi juga seorang penyembuh tertinggi. Dalam tujuannya untuk membawa pencari ke realisasi kesatuan dengan Kesadaran Agung, dia harus membantu kita untuk menghilangkan hambatan batin kita pada tingkat fisik, mental, emosional, psikis dan spiritual. Seperti halnya pertumbuhan dan proses penyembuhan, dihadapkan dengan rintangan, keterbatasan, emosi negatif, kecenderungan negatif dan pengalaman masa lalu yang sulit dan masalah yang belum terselesaikan, bisa sulit dan kadang-kadang menakutkan. Ketika dikombinasikan dengan pengalaman energi yang intens dan spontan yang bergerak dengan cara yang tidak dimiliki oleh seorang individu sebelumnya, pengetahuan atau pemahamannya, ia dapat menjadi luar biasa, memimpin individu untuk mencari bantuan dari para rohaniwan, penasihat spiritual, praktisi kesehatan mental dan praktisi holistik-banyak di antaranya kurang dalam pengalaman dan pengetahuan yang diperlukan untuk memberikan dukungan yang memadai, dan beberapa di antaranya mungkin benar-benar salah mendiagnosis pengalaman individu, melabelinya secara patologis. Jadi sangat penting bahwa siapa pun yang memberikan dukungan kepada individu dengan kundalini yang terbangun memiliki pengetahuan dan pengalaman proses kundalini lintas budaya spiritual.

Paradigma Energik Lintas Tradisi

Ada banyak nama untuk kundalini di seluruh tradisi spiritual. Beberapa di antaranya adalah: Tummo Buddha Tibet, atau api batin, Roh Kudus Kristiani, Seni Bela Diri Cina, dan Seni Penyembuhan Chi, dan sejumlah dak dan dukun suku Afrika. Ketika seseorang mengeksplorasi teks-teks mistis, puisi dan materi anekdot dari berbagai tradisi, paradigma pengalaman muncul menggambarkan kebangkitan dan gerakan kekuatan batin yang mengubah ini. Sistem yang paling banyak diartikulasikan adalah sistem Chakra / Nadi yang muncul dalam Yoga, Buddhisme Tibet, dan Sufisme. Dalam sistem ini kundalini terbangun dan bergerak naik melalui saluran pusat atau sushumna, menusuk cakra atau pusat energi dalam tubuh energi yang halus. Dalam proses bergerak melewati chakra, kundalini melepaskan berbagai pengalaman fisik, mental, emosional, psikis, dan spiritual. Di seberang Yoga, Buddha Tibet dan tradisi Sufi kata-kata mungkin berbeda dalam menggambarkan paradigma, tetapi mereka pada dasarnya sama. Sistem Kristen kurang diartikulasikan sepenuhnya, tetapi diisyaratkan dalam Kitab Wahyu sebagai Yohanes, setelah menerima kebangkitan Roh Kudus dari Yesus, kemudian mengalami serangkaian penglihatan mistis. Di salah satu dari mereka ia diperlihatkan tujuh meterai dan tujuh roh Allah yang memimpin mereka. Setiap segel mewakili tingkat wahyu atau kesadaran. Di Kabbalah, jalan mistik Yudaisme, ada sistem rumit Pohon Kehidupan dan sefiroth. Sebutkan juga terbuat dari 7 langit dan huruf Ibrani atau bunyi yang digunakan untuk mencapainya. Dalam tradisi Amerika Asli, Kisah Penciptaan Hopi menggambarkan pusat getaran yang berjalan di sepanjang sumbu atau tulang belakang. Kelima pusat ini terletak di bawah pusar, di jantung, tenggorokan, tepat di bawah bagian atas kepala dan di bagian atas kepala-sistem yang sangat mirip dengan sistem chakra. Sebuah artefak tanah liat yang ditemukan oleh para arkeolog di gundukan suku-suku kuno Cahokian yang hidup di sepanjang Sungai Mississsippi di tempat yang sekarang menjadi negara bagian Illinois, menunjukkan seorang perempuan bergerigi yang duduk di atas ular yang tidak digulung. Ular itu naik seperti pohon anggur di tengah punggungnya, bersama yang ditempatkan sejumlah labu. Ular yang mengembang adalah, dalam tradisi Yoga, simbol dari kundalini yang membangkitkan, atau kekuatan ular. Druid kuno dari apa yang sekarang Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia memiliki sistem kuali. The cauldron pemanasan yang terletak di wilayah pusar berisi api batin, kuali api, yang terletak di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar