Rabu, 11 April 2018

Kecerdasan Spiritual - Is It A Fraud Being Perpetuated



Psikologi selalu dalam mengejar terus menerus menemukan alat terbaik untuk memprediksi kualitas individu dan kesesuaiannya di lingkungan yang diberikan.

Konsep revolusioner Intelligence Quotient diberikan dan dimanfaatkan. Setelah itu Goleman pada tahun 1995 membawa konsep baru Emotional Quotient dalam bukunya dengan nama yang sama dan meramalkan kecocokan individu di lingkungannya. Teori IQ didasarkan pada kualitas otak kiri manusia. Ini menekankan pentingnya kualitas-kualitas yang terkait dengan perhitungan matematis, logika dan formulasi teknis lainnya http://www.indohipnotis.net/.

Di sisi lain teori Emotional Quotient yaitu teori Kecerdasan Emosional menjadikan kedua belahan otak sebagai dasarnya. Ini merumuskan bahwa itu bukan satu-satunya kualitas otak kiri dari perhitungan dan perhitungan yang meramalkan hasil bagi kesuksesan seorang individu di sekelilingnya tetapi kualitas otak kanan dari rasa, estetika, belas kasih dan empati yang juga menentukan kemungkinan keberhasilan seorang individu. . Goleman mengatakan bahwa agaknya adalah harmoni dan konsonan dari kedua jenis kemampuan otak manusia yang berkontribusi terhadap kecerdasan prediktabilitas keberhasilan seorang individu.

Kemudian datang Danah Zohar dengan ide baru tentang Kecerdasan Spiritual. Ketika Tony Buzan menciptakan istilah ini untuk pertama kalinya, istilah itu digunakan sebagai istilah pseudoscientific dan 'popular psychological'. Tetapi dalam konteks saat ini sebagai batas baru, teori Kecerdasan Spiritual berjalan selangkah lebih maju. Ini menghipotesiskan bahwa kemampuan untuk memprediksi keberhasilan seseorang bukanlah sesuatu yang terbatas pada area otak seorang individu. Melainkan melampaui area itu. Keberhasilan seseorang tergantung pada Kecerdasan Spiritualnya. Danah Zohar dan Ian Marshall mengusulkan Kecerdasan Spiritual ini sebagai "Intelijen Tertinggi". Mereka (lebih tepatnya Dia) mengidentifikasi 9 karakteristik eksistensi pada tingkat Kecerdasan Spiritual. Kualitas-kualitas ini yang pernah diciptakan oleh Danah digenggam oleh orang lain segera.

Kecerdasan Spiritual, menurut Zohar, adalah:

1. Kesadaran diri ... Anda tahu siapa Anda sebenarnya dan Anda tahu bahwa Anda terhubung dengan seluruh alam semesta.

2. Visi & Nilai Led - atau Idealisme. Anak-anak secara alami ingin melayani, demikian pula kita. Visi dan nilai-nilai yang dipimpin adalah definitif dari kemanusiaan kita.

3. Kapasitas untuk Menghadapi dan MENGGUNAKAN Kesulitan ... memiliki kesalahan dan kesulitan kita serta menggunakan rasa sakit dan tragedi untuk belajar

4. Bersikap Holistik: melihat hubungan di antara berbagai hal. Terbuka dan tertarik pada SEMUA.

5. Keanekaragaman ... berkembang dan merayakan keragaman. Saya melihat Anda dan melihat apa yang berbeda dalam diri Anda dan saya berkata, "Terima kasih Tuhan untuk itu!"

6. Bidang Kemandirian (Keberanian) ... sebuah istilah dari psikologi yang berarti keberanian untuk tidak beradaptasi, menjadi mandiri.

7. Kecenderungan untuk Bertanya MENGAPA? Pertanyaan tidak terbatas. Dalam pertanyaan Quantum Fisika BUAT realitas.

8. Kemampuan untuk Membingkai Kembali ... menempatkan segala sesuatu ke dalam konteks makna yang lebih luas.

9. Spontanitas. Ini TIDAK bertindak atas dasar ... itu berasal dari akar bahasa Latin yang sama dengan RESPON dan TANGGUNG JAWAB.

Kecerdasan spiritual berhubungan dengan perkembangan kognitif, emosional, atau moral; itu tidak identik dengan mereka. Karena berbagai jenis kecerdasan berkembang pada tingkat yang berbeda, seseorang mungkin sangat berkembang di salah satu bidang ini tetapi tidak pada yang lain. Ketika dibiarkan tidak terselesaikan, masalah emosional atau etika tentu menghambat perkembangan spiritual. Kecerdasan spiritual akan memungkinkan kita untuk melihat hal-hal sebagaimana adanya, bebas dari distorsi tak sadar. Berbeda dengan angan-angan atau mencari kepastian, melatih kecerdasan spiritual berarti menghadapi realitas eksistensial seperti kebebasan, penderitaan, dan kematian serta bergulat dengan pencarian makna abadi.

Frances Vaughan telah menekankan tanda-tanda kecerdasan spiritual

o Kehadiran

1. Kesadaran Diri

2. Kesadaran orang lain

3. Kesadaran akan hubungan

4. Keaslian

o Transformasi Emosional

1. Kasih sayang menggantikan penilaian.

2. Pengampunan menggantikan kemarahan.

3. Memperluas lingkaran identifikasi empati

o Motivasi

1. Kedamaian batin - dari rasa takut hingga cinta

2. Budidaya kebijaksanaan - dari ketidaktahuan hingga pemahaman.

3. Pembebasan: dari Perbudakan ke Pembebasan

Menurut Cherian P Tekkevellid 2001, delapan tanda kecerdasan spiritual yang tinggi

o Fleksibilitas

o Kesadaran Diri

o Kemampuan untuk menghadapi dan menggunakan penderitaan

o Kemampuan untuk terinspirasi oleh suatu visi

o Kemampuan untuk melihat hubungan antara beragam hal (Berpikir Secara Holistik)

o Keinginan & Kapasitas untuk menyebabkan sedikit bahaya sebagai kemungkinan

O Kecenderungan untuk menyelidiki dan mengajukan pertanyaan mendasar.

o Kemampuan untuk bekerja melawan konvensi

Orang lain juga ikut bergabung. Cindy Wigglesworth menghubungkannya dengan kualitas kepemimpinan seorang individu; Barbara Taylor memberi tujuh prinsip (Kreativitas, Komunikasi, Respek, Visi, Kemitraan, Energi dan Fleksibilitas) dari kesuksesan di dunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar